jump to navigation

Senyum: Paket Hemat Sembuhkan Luka Februari 25, 2008

Posted by salmanparisi in Seputar Kita.
trackback
Tersenyumlah, maka luka Anda akan terbantu kesembuhannya. Lho, apa hubungannya?

Itu bukan isapan jempol belaka. Sebaliknya, kemarahan menghambat penyembuhan luka. Hal ini telah dibuktikan secara klinis oleh para peneliti di University of Ohio, Amerika Serikat, yang dipublikasikan di British Journal Brain.

Ini terjadi karena saat seseorang marah atau berteriak kesal, semakin banyak hormon kortisol yang dikeluarkannya. Padahal, kortisol akan memenghambat produksi cytokine yang berguna untuk penyembuhan luka. Cytokine adalah protein yang dikeluarkan oleh sel-sel sistem pertahanan tubuh. Protein itu berfungsi merangsang respons dari sel-sel imun untuk bekerja aktif menyembuhkan luka. Karenanya, seseorang yang tak dapat menahan emosinya akan memerlukan waktu lebih lama untuk menyembuhkan luka.

Penelitian ini melengkapi hasil temuan beberapa penelitian terdahulu yang menyebutkan emosi dan stres akan menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung, hipertensi, dan stroke.

Sebanyak 98 sukarelawan yang menderita luka bakar ringan diteliti selama delapan hari. Mereka tidak diberi obat-obatan luka dalam bentuk apa pun untuk melihat seberapa cepat kulit mampu memperbaiki diri. Sebelum itu, mereka menjalani tes psikologis untuk mengetahui tingkat emosional mereka. Hasilnya, mereka yang lebih santai menghadapi hidup sembuh dari luka itu empat hari lebih cepat daripada mereka yang menyimpan kemarahan dan gagal mengatur emosi.

Jadi, tersenyumlah! AFP/mitrafm

Komentar»

1. achoey - Februari 26, 2008

apalagi senyum kan shodaqoh

2. salmanparisi - Februari 28, 2008

Bener. JAdi dobel: ibadah plus menjaga kesehatan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: